Rabu, 17 November 2010

Bedak Muka Pak Beye

wajah lain pak beye dalam salah satu iklan di media (foxindonesia)mbak nenden berseri-seri menceritakan kisah ini kepada saya dan beberapa teman di istana. saya tidak tahu kenapa mbak nenden berseri-seri. anda yang perempuan mungkin bisa menebak kenapanya.
kisahnya sudah berlangsung dua tahun lalu saat mbak nenden masih jadi anggota tim hore di istana. mbak nenden menuliskan juga ceritanya di blog: untuk ceritanya, kami berterima kasih kepada mbak nenden yang saat ini tidak lagi menjadi anggota tim hore di istana.
apa yang diceritakan mbak nenden seperti mengkonfirmasi sejumlah pertanyaan yang ada di kepala banyak wartawan yang meliput kegiatan di istana. pertanyaan itu terutama tentang berubah-ubahnya tampilan wajah pak beye saat tampil di media. tentu saja termasuk saya. hehehe
dua tahun lalu, akhir 2007, pak beye sedang berada di semarang. bersama anggota rombongan, pak beye menginap di salah satu hotel terbaik di sana. desas-desus nomonasi hadiah nobel untuknya membuat banyak wartawan meliput kegiatan seremonialnya di semarang sana. dari jakarta sebelum berangkat kunjungan kerja, sudah dikabarkan bahwa pak akan hadir secara telekonferensi menyaksikan asian idol.
anda tahu asian idol? ya, ajang nyanyi-menyanyi yang memanfaatkan jari tangan telepon selular dan pulsa di dalamnya sebagai penyetor uang ke pemilik televisi.
sebagai anggota tim hore, mbak nenden harus meliput setiap acara pak beye. apapun isinya, berita harus tayang di website yang sudah didesain juga untuk kepentingan 2009: presidensby.info.
namun, tiba-tiba, acara nonon asian idol itu tertutup. bahasa para petugas istana adalah acaranya intern. karena batal diliput acaranya, mbak nenden yang sudah berada lantai satu di sekitar tempat acara berjalan kembali ke kamarnya.
sambil menunggu terbukanya pintu lift yang akan mengangkatnya ke kamar, juru rias bu ani yaitu mbak narti tergopoh-gopoh menghampirinya. mbak narti yang entah tidur di kamar lantai berapa bertanya kepada mbak nenden tentang bedak yang dimilikinya. mbak narti minta kalau ada warna gelap kepada mbak nenden. setelah mengudak-udak tas kecilnya, mbak nenden menyerahkan bedak muka two way cake revlon berwarna beige.
secepat kilat, mbak narti menyambar bedak itu seperti terburu-buru. sambil bergegas pergi, mbak narti bilang pinjam sebentar saja kepada mbak nenden. mbak nenden tidak bisa berkata-kata selain menyerahkannya. kekagetannya terhenti di depan lift yang mulai terbuka pintunya.
wajah lain pak beye dalam salah satu iklan di media (foxindonesia)
besok harinya, mbak nenden terpaksa meliput acara pak beye tanpa bedak muka warna beige andalannya. perbekalan teman sekamar dijadikan andalan untuk memulas pipinya. padahal menurut saya, mbak nenden mau mencari bedak mukanya tetapi tidak tahu berapa nomor kamar mbak narti yang malam sebelumnya meminjamnya.
padahal, tanpa pemulas pipi pun, mbak nenden sudah cantik terlihatnya. hehehe. sekali lagi, ini soal rasa merasa.
bedak muka itu baru kembali ke tangan mbak nenden dari mbak narti di dalam pesawat kepresidenan. di pesawat kepresidenan itu, mbak narti bercerita untuk apa bedak two way cake itu. kata mbak narti, bedak itu untuk memulas pipi pak beye. mbak narti tidak sempat lagi mengambil bedak yang biasa dipakai pak beye di lantai sepuluh. “terburu-buru karena waktu itu bapak sudah siap tapping,” ujar mbak narti.
menurut mbak narti, bedak wajah warna gelap dipakai untuk menyamarkan minyak yang melumasi wajah pak beye yang dari sononya memang berminyak. banyak minyak di wajah tentu tidak baik untuk sorot lampu kamera.
sebagai pemenang yang ingin mempertahankan pialanya, citra memang harus tetap dijaga. bukan kah deddy mizwar si peraih banyak piala citra ada di sana dan ingin bertarung juga?
di luar itu semua, memakai bedak muda untuk tampil di media adalah hal yang lumrah menurut saya. tanpa bedak muka, bisa berantakan tampilan wajah di depan sorot kamera. mantan pacar saya suatu masa pernah mengalaminya dan kemudian tidak tahan karenanya.



Share
|





Tidak ada komentar:

Posting Komentar